Yogyakarta Siaga Petir - Kontaksindo.com | Hanya Fakta Kami Bicara
Headlines News :
Home » » Yogyakarta Siaga Petir

Yogyakarta Siaga Petir


YOGYAKARTA, Ancaman cuaca ekstrem masih terjadi di Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY). Bukan hanya hujan, banjir, dan tanah longsor, petir pun mulai mengancam warga. Diperkirakan ancaman petir masih akan terjadi hingga Mei 2013 mendatang. Potensi paling tinggi terjadi pada April dan Mei 2013.
Tony Agus Wijaya, Kepala Seksi Data dan Informasi Stasiun Geofisika, Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Yogyakarta mengatakan, potensi petir masih sangat tinggi, apalagi saat ini cuaca begitu ekstrem.

"Yang paling berbahaya adalah petir yang sampai tanah. Seperti yang terjadi di Girikerto Turi kemarin. Karena petir mencari sasaran secepatnya yang berada di bawah, tidak tergantung dataran rendah atau tinggi," terangnya, Selasa (29/01).

Sambaran petir yang terjadi Senin (28/01) sore, mengakibatkan dua rumah milik Marno (37) dan Warno (80) di Desa Ngangring, Girikerto, Turi Sleman rusak berat. Tak hanya itu, petir juga sempat menghajar tanah hingga berlubang sedalam 20 centimeter dan panjang 3 meter. Beruntung tidak ada korban jiwa dari insiden tersebut. "Masyarakat harus terus meningkatkan kewaspadaannya karena sambaran petir biasanya terjadi sangat cepat. Saat hujan, hindari tempat-tempat yang lapang dan terbuka," imbau Tony.
Share this article :

0 komentar:

Speak up your mind

Tell us what you're thinking... !

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2011. Kontaksindo.com | Hanya Fakta Kami Bicara - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger